Pendahuluan
Sebagai
pemilik website, Anda harus selalu diingat bahwa berhasil menyelesaikan
membangun website biasanya menandai awal dari pertempuran nyata
daripada akhir.
Website Anda akan menjadi relevan hanya setelah Anda membuatnya mudah diakses untuk audiens target Anda sebanyak mungkin. Oleh
karena itu, setelah Anda menyelesaikan merancang dan membangun situs
Web, Anda harus memulai strategi pemasaran situs web yang tepat untuk
meningkatkan lalu lintas ke situs web dan mencapai tujuan yang Anda buat
situs web.
Sama
seperti kegiatan pemasaran lainnya, pemasaran situs web adalah
inisiatif prosedural yang melibatkan kombinasi dari berbagai elemen
strategi pemasaran. Anda
dapat mencapai pemasaran website yang efektif melalui pendekatan
strategis yang berbeda dirancang untuk memastikan bahwa website Anda
peringkat tinggi di antara mesin pencari internet seperti Google, Yahoo,
MSN, AOL dan Alta Vista.
Dasar-dasar pemasaran situs web
Dalam dunia global saat ini, website merupakan wajah paling terlihat dari inisiatif Anda organisasi atau individu. Pertanyaan
tentang bagaimana Anda mengelola komunikasi dan program kesadaran
karena itu merupakan bagian mendasar dari tugas pemasaran strategis
website Anda. Dalam
memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mencapai ini, Anda perlu untuk
berdamai dengan berbagai isu, termasuk pertanyaan tentang bagaimana
untuk mengintegrasikan program komunikasi Anda dengan aspek yang berbeda
dari strategi pemasaran rutin untuk mencapai tingkat tertinggi sinergi.
Oleh
karena itu, Anda mengembangkan strategi pemasaran situs web Anda, Anda
perlu mempertimbangkan aspek-aspek utama sebagai berikut:
• Sifat dari audiens target Anda;• Anda jangka panjang dan tujuan jangka pendek situs pemasaran;• Komposisi dari pesan yang akan disampaikan;• Saluran komunikasi bahwa Anda akan memanfaatkan untuk menyampaikan pesan Anda;• prioritas anggaran Anda;
Sifat audiens target Anda
Menentukan
target rencana pemasaran situs web Anda menandai titik awal dari
berkomunikasi website Anda produk dan / atau jasa kepada orang yang
tepat. Anda
harus selalu menghindari kegiatan pemasaran situs web serampangan yang
belum diperbaiki untuk menyesuaikan dengan kebutuhan audiens tertentu
karena inisiatif seperti biasanya mencapai dampak yang sangat sedikit. Oleh
karena itu, Anda harus berpikir secara kritis tentang cara-cara untuk
mengkategorikan khalayak target Anda dan kemudian, cara di mana Anda
akan menyesuaikan pesan Anda agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing
kelompok sasaran Anda. Anda
dapat mengkategorikan target audiens dari produk website Anda atau
layanan dengan cara yang berbeda yang mungkin mencakup: pengguna saat
ini dan potensi dari situs Anda, kebutuhan audiens target Anda, peran
audiens target Anda dalam proses pembelian jasa atau produk Anda; tingkat
pengetahuan audiens target Anda, tingkat loyalitas antara target
pemirsa Anda, dan persepsi audiens target Anda pada situs-situs yang
ada. Hanya
terhadap latar belakang seperti juga informasi yang Anda dapat membuat
keputusan tentang apa yang harus harus berkata apa, bagaimana
mengatakannya, kapan mengatakannya, kapan mengatakannya, di mana untuk
mengatakan itu dan siapa yang harus mengatakan itu dalam proses
pemasaran situs web .
Dasar-dasar pemasaran situs web - Menyiapkan website Anda tujuan pemasaran
Setelah Anda mengidentifikasi audiens target Anda, langkah berikutnya melibatkan pengaturan tujuan komunikasi Anda. Website
Anda tujuan pemasaran mungkin berkisar respon kognitif, afektif atau
perilaku bahwa kampanye Anda dirancang untuk mencapai. Sebagai
soal fakta, Anda mungkin bertujuan memasukkan sesuatu ke dalam pikiran
pengunjung website Anda, mengubah sikap pengunjung website Anda atau
mendorong pengunjung website Anda untuk berperilaku dengan cara
tertentu. Pada
dasarnya, Anda harus berusaha untuk menciptakan sebuah
'belajar-merasa-melakukan proses' di mana pengunjung menemukan sesuatu
secara umum tentang sebuah situs web, menelusuri lebih lanjut untuk
pemahaman yang lebih rinci dan akhirnya mengambil tindakan dalam bentuk
mencoba produk yang ditawarkan oleh website dan kemudian menjadi user biasa.
Anda pesan komposisi
Setelah
mengembangkan pemahaman yang memuaskan dari respon yang Anda berniat
untuk mencapai dalam kampanye pemasaran situs web Anda, maka Anda dapat
mulai fokus pada desain pesan Anda. Aspek-aspek
kunci yang harus Anda pertimbangkan ketika mengembangkan pesan untuk
pemasaran website Anda meliputi: isi pesan tersebut; struktur pesan
tersebut; format pesan, dan saluran penyampaian pesan Anda. Dengan
demikian, Anda hanya akan memutus apa yang harus dikatakan, bagaimana
mengatakannya secara logis, apakah mengatakannya secara simbolis atau
emosional dan di mana untuk mengatakan dari. Dalam
merancang pesan Anda, Anda dapat memilih untuk menggunakan salah satu
daya tarik rasional atau daya tarik emosional untuk meyakinkan audiens
target Anda untuk mengunjungi situs Web. Dalam
pendekatan banding rasional, Anda mungkin menyatakan untuk audiens
target Anda bahwa dengan mengunjungi website Anda, mereka akan
mendapatkan manfaat yang berbeda dan nyata. Di sisi lain, pendekatan daya tarik emosional dapat berupa banding emosional positif atau permohonan emosional negatif. Sambil
memanfaatkan daya tarik emosional yang positif, Anda perlu mengatur
keluar pesan bahwa rekan website Anda dengan gambar terutama
menguntungkan yang menekankan pada isu-isu seperti kecanggihan dan
keunikan dari konten website. Misalnya,
jika Anda pemasaran sebuah website kesehatan dan kebugaran, Anda perlu
merancang pesan yang menyoroti untuk audiens target Anda mengapa mereka
dapat mencapai kondisi kesehatan tubuh yang sempurna dalam waktu singkat
ketika mereka mengunjungi website Anda. Pendekatan
emosi negatif akan memerlukan bahwa Anda memformat pesan yang dapat
menimbulkan perasaan bersalah, malu atau takut, antara audiens target
Anda. Pesan
Anda harus terstruktur sedemikian rupa bahwa anggota audiens target
Anda mungkin merasa malu, takut atau bersalah jika mereka gagal untuk
mengunjungi situs Web. Misalnya,
jika Anda pemasaran sebuah website kesehatan dan kebugaran, Anda perlu
merancang pesan yang menyoroti untuk audiens target Anda mengapa mereka
mengambil risiko mengalami komplikasi kesehatan seperti obesitas jika
mereka gagal untuk mengunjungi situs web untuk kesehatan yang unik dan
tips kesehatan. Namun,
Anda harus memastikan bahwa pesan Anda tidak terdengar seperti ancaman
jika Anda merancang pesan Anda sepanjang pendekatan banding negatif
emosional. Selain
itu, terlepas dari apakah banding positif atau negatif, Anda harus
mengidentifikasi pemasaran proposisi situs unik yang kampanye Anda
dirancang untuk bersandar pada.
Memilih saluran komunikasi Anda
Untuk
pesan Anda untuk mencapai target pasar Anda, Anda harus memilih saluran
komunikasi yang tepat yang sesuai dengan isi website Anda dan target
audiens. Anda harus memilih saluran melalui mana Anda akan mencapai kontak dan komunikasi dengan cara yang paling efektif. Saluran
pengaruh pribadi dan non-pribadi saluran pengaruh adalah dua jenis
utama dari saluran yang dapat Anda gunakan eter bergantian atau sebagai
kombinasi. Saluran pengaruh pribadi lebih lanjut terdiri dari saluran advokat, saluran ahli dan saluran sosial. Anda
dapat memilih untuk memanfaatkan saluran advokat dalam situasi di mana
Anda berniat untuk mengeksploitasi pemasaran Anda sendiri pengalaman
sebagai seorang individu atau penjualan dan tenaga pemasaran yang
dipekerjakan oleh perusahaan Anda. Saluran
Ahli berguna dalam situasi di mana Anda dapat memilih untuk
memanfaatkan pengaruh dari orang-orang yang pandangannya terlihat untuk
mandiri dan dihormati, seperti yang biasanya terjadi dengan kelompok
konsumen dan pemimpin opini. Ketika
saluran ahli seperti mengomentari nilai website Anda untuk audiens
target Anda, maka website Anda pasti akan mendaftar kunjungan luar
biasa. Saluran sosial adalah salah satu media yang paling efektif dan banyak digunakan dari pemasaran situs web. Website
Anda berdiri sebuah kesempatan baik untuk mencapai khalayak luas dan
beragam melalui jaringan sosial yang biasanya terdiri dari teman, rekan
bisnis, tetangga, dan kelompok referensi. Jika
Anda memutuskan untuk menggunakan non-pribadi saluran pengaruh, Anda
harus menggunakan media massa digunakan seperti online ezines, majalah
dan organisasi PR. Namun,
Anda harus selalu ingat bahwa meskipun non-pribadi pengaruh media
memiliki keuntungan mencapai khalayak yang besar, mereka tidak memiliki
unsur pribadi, dengan risiko dari pesan yang diabaikan atau
disalahtafsirkan oleh penerima. Oleh
karena itu akan bermanfaat jika Anda menggabungkan kedua saluran
pengaruh pribadi dan non-pribadi saluran pengaruh untuk mencapai hasil
pemasaran situs web yang optimal.
Menetapkan prioritas anggaran Anda
Seperti bentuk lain dari produk atau pemasaran jasa, pemasaran situs web adalah kegiatan yang melibatkan biaya iklan berulang. Oleh
karena itu sangat penting untuk dasar website Anda kegiatan pemasaran
dalam batas anggaran sesuai dengan ukuran bisnis Anda atau organisasi. Anda
dapat memilih untuk menetapkan anggaran komunikasi Anda melalui
pendekatan terjangkau, paritas kompetitif atau persentase dari teknik
penjualan. Pendekatan
yang terjangkau memungkinkan Anda untuk menetapkan anggaran iklan situs
Anda berdasarkan apa yang Anda dapat mencapai sebagai individu atau
sebagai sebuah organisasi. Teknik
paritas kompetitif memungkinkan Anda untuk menetapkan anggaran
pemasaran situs web Anda pada tingkat yang sesuai dengan pengeluaran
iklan dari pesaing Anda. Anda
juga dapat mendasarkan pengaturan anggaran Anda pada persentase
perkiraan penjualan atau laba yang akan dihasilkan oleh situs Web Anda
dalam periode yang dicakup oleh perampasan tersebut.
Kesimpulan
Website pemasaran memang kegiatan siklus penuh yang memerlukan pendekatan prosedural hati-hati dibuat. Prospek
Anda untuk mencapai keberhasilan dalam menarik peningkatan jumlah
pengunjung ke website Anda akan selalu ditentukan oleh kemampuan Anda
untuk mencapai kombinasi sukses dari aspek fundamental berbeda dari
pemasaran situs web. Anda
harus selalu berusaha untuk melaksanakan setiap detail dan setiap
rencana pemasaran Anda website dengan keterampilan yang sesuai dan
komitmen suara. Semakin
Anda menciptakan kesadaran tentang situs web Anda semakin Anda berdiri
kemungkinan lebih besar untuk mencapai konversi penjualan untuk produk
atau jasa.