Sebuah
pencarian cepat dengan Google, Yahoo! atau salah satu mesin pencari
akan mengungkapkan jutaan website, sebagian besar yang diciptakan dengan
fokus pada konten penerbitan tentang bisnis atau produk tertentu,
dengan sedikit pemikiran tentang bagaimana praktis situs web sebenarnya
atau apa website yang seharusnya dilakukan.
Ingin vs Kebutuhan
Adalah
penting untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan dan untuk fokus
pada fungsi-apa benar-benar diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran
tertentu.
Pengembangan
strategi situs web tidak hanya terbatas untuk mencapai tujuan website
Anda, tetapi juga harus menjadi bagian dari rencana pemasaran Anda
secara keseluruhan.
Hampir setiap bisnis saat ini memiliki keberadaan web. Namun,
website yang paling sering diperlakukan sebagai renungan pemasaran
tanpa tujuan tertentu untuk situs selain menawarkan informasi perusahaan
dasar dan bentuk e-mail.
Kehadiran
web Anda harus dipandang sebagai perpanjangan interaktif dari sebuah
perusahaan, dan alat pemasaran untuk membantu mendukung rencana
pemasaran Anda secara keseluruhan.
Menetapkan Tujuan
Langkah
pertama dalam membuat strategi internet anda untuk membuat daftar semua
tugas-tugas tertentu Anda ingin website Anda capai. Selain menawarkan informasi pelanggan potensial tentang perusahaan Anda, apa yang harus situs Web Anda "lakukan?"
Jika Anda menawarkan e-commerce? Jika website Anda berfungsi sebagai sumber utama? Jika Anda mendistribusikan informasi kepada pelanggan Anda atau menawarkan peningkatan pelayanan? Jika Anda merekrut online atau survei pelanggan? Atau harus Anda cukup memasarkan dan beriklan?
Seringkali,
situs cenderung menjadi semacam online "Swiss Army Knife" yang
melakukan banyak hal yang berbeda untuk audiens yang berbeda. Kenyataannya
adalah bahwa banyak pengunjung ke situs Anda hanya mengunjungi beberapa
halaman dan dapat dengan cepat frustrasi ketika mereka menghadapi
besar, portal informasi yang kompleks.
Membuat Daftar Prioritas
Ketika
Anda membuat daftar apa yang Anda ingin website Anda untuk lakukan,
memprioritaskan daftar Anda ke dalam tiga kategori: 1) Primer, "harus
melakukan" tujuan, 2) sekunder, "alangkah baiknya jika ..." dan 3) Kembali Burner, "jika kita harus menunda ini, tidak ada salahnya kita."
Ketika
pengelompokan tujuan Anda, ingatlah satu alasan luar biasa untuk
memiliki kehadiran web di tempat pertama dan membandingkannya dengan
setiap tujuan spesifik Anda sebagai Anda memprioritaskan mereka.
Setelah
menetapkan dengan jelas menyatakan apa tujuan website Anda seharusnya,
membandingkan tujuan dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan situs
Anda saat ini dan rencana pemasaran dan iklan.
Latihan
ini akan membantu Anda untuk melihat apa kesenjangan yang antara apa
yang Anda inginkan atau butuhkan capai dan apa yang sebenarnya terjadi
berdasarkan statistik situs, pelanggan dan karyawan umpan balik atau
survei.
Memisahkan Keinginan dan Kebutuhan
Langkah terakhir dalam menciptakan strategi internet efektif adalah dengan memisahkan keinginan dari kebutuhan. Sangat
mudah untuk ingin "keren" kemampuan yang telah Anda lihat di tempat
lain di Internet, tetapi akan sulit untuk menentukan apakah fungsi
tertentu akan sangat membantu upaya pemasaran bisnis Anda.
Apakah Anda benar-benar membutuhkan chat room atau papan pesan pada situs web Anda? Website Flash dapat memiliki, licin "techy" merasa, tetapi mereka senilai biaya tambahan?
Mungkin
hal ini sebenarnya lebih penting bagi Anda untuk mengetahui siapa yang
menggunakan situs web Anda dan seberapa sering mereka akan datang
kembali untuk informasi lebih lanjut, atau jika cetak kampanye pemasaran
Anda dan pemasaran online benar-benar membawa Anda bisnis atau baru
tidak.
Pengurutan Prioritas Website Anda
Memiliki
prioritas Anda secara garis besar dan tujuan Anda rinci akan membantu
Anda untuk menentukan apa yang Anda benar-benar perlu untuk mencapai
tujuan Anda. Pergi melalui daftar prioritas Anda dan membandingkannya dengan tujuan situs web Anda.
Jika
fitur situs yang Anda inginkan akan membantu Anda untuk menyelesaikan
tugas pemasaran tertentu maka memasukkannya selama fitur memanfaatkan
teknologi internet saat ini atau teknologi browser yang banyak didukung
oleh browser saat ini. Menawarkan
"canggih" fitur yang sebagian besar pengunjung website Anda tidak dapat
menggunakan hanya membuang-buang waktu dan usaha.
Jika
Anda memiliki item dalam daftar Anda yang tidak sesuai dengan tujuan
website Anda dengan baik, mungkin ide yang baik untuk menunda
mengimplementasikannya-menempatkan mereka ke dalam "tahap II daftar
keinginan." Akhirnya,
mempunyai daftar prioritas website akan membuat lebih mudah untuk
memutuskan apa yang harus menyertakan atau mengecualikan dalam situs web
Anda ketika bekerja dalam anggaran terbatas atau situs web menciptakan
persyaratan untuk diberikan kepada perancang situs Web Anda.
Menyempurnakan Strategi Internet Anda
Tak perlu dikatakan bahwa perencanaan dan pengambilan keputusan akan memakan waktu dan tidak akan mudah. Pasar
dan rencana pemasaran dapat mengubah hampir semalam, dan Anda harus
siap untuk mengubah strategi Internet Anda sebagai perubahan pasar.
Pepatah lama yang berbunyi, "pengetahuan adalah kekuatan," berlaku juga untuk strategi pemasaran Anda website. Setelah
Anda melakukan pekerjaan rumah Anda dan memahami tujuan website Anda
dan apa yang dibutuhkan untuk mencapai-atau melampaui tujuan-Anda,
menempatkan strategi Anda untuk bekerja akan menjadi bagian yang mudah.
10 Tips untuk sebuah Kehadiran Web Efektif
1)
Membuat kesan pertama yang bagus adalah penting dan website Anda
mungkin merupakan paparan pertama untuk perusahaan Anda pengalaman
pelanggan potensial. Keseimbangan antara konten dan desain, terlalu banyak baik akan mendorong pengunjung pergi.
2) Hindari memfokuskan secara eksklusif pada desain grafis, tapi cobalah hanya pada membuat situs Anda bermanfaat. Beri pengunjung Anda alasan untuk menambahkan situs Anda ke daftar favorit mereka dan untuk kembali sering.
3) Buat navigasi sederhana. Desain halaman Anda agar pengguna Anda dapat pergi dari satu halaman ke halaman lain. Hindari
skema navigasi yang mengandalkan pengguna harus mencari menu navigasi
sekunder atau harus menggunakan "back" di browser mereka tombol untuk
navigasi.
4) Bagikan informasi website Anda pada beberapa halaman bukan halaman panjang sehingga pengguna tidak harus gulir sering. Dengan mengoptimalkan dan mendistribusikan foto-foto Anda dan grafis di beberapa halaman, halaman Anda akan memuat lebih cepat.
5) Tahu yang datang ke website Anda dan bagaimana situs Anda sedang digunakan secara bulanan atau kuartalan. Informasi
ini akan sangat berharga untuk memperbarui atau memfokuskan kembali
situs Anda untuk lebih melayani target pasar atau pelanggan, dan untuk
memutuskan apa fitur baru untuk ditambahkan di desain ulang masa depan.
6) Update situs Anda sering dan membuat alasan untuk pengguna situs web Anda untuk terus datang kembali. Ulangi Kunjungan memberi Anda kesempatan untuk mengulang pesan pemasaran Anda ke calon klien.
7) Menangkap informasi dengan website Anda. Gunakan
formulir, penawaran, survei dan promosi untuk mendapatkan pengunjung
Anda untuk memberitahu Anda siapa mereka dan apa yang mereka tertarik
tidak hanya akan membantu Anda untuk merancang situs yang lebih berguna,
mengumpulkan alamat e-mail dapat memungkinkan Anda untuk memberitahu
pelanggan dan potensi pelanggan tentang produk atau jasa baru.
8) Hindari berlebihan lonceng dan peluit. Dengan Internet, iseng-iseng hari ini adalah merusak pemandangan besok. Investasi di berselera tinggi, desain grafis sederhana dan konten menarik. Jika Anda harus menggunakan animasi, minta mereka berhenti setelah beberapa siklus sehingga mereka tidak menjadi menjengkelkan.
9) Review tujuan internet Anda triwulanan. Sebagai
Internet berkembang dan sebagai teknologi baru menjadi mainstream, itu
baik untuk meninjau tujuan dari situs Anda dan kegunaan alat-alat baru
karena mereka menjadi lebih diterima secara luas. Hanya menerapkan alat-alat baru atau aplikasi website ketika mereka masuk akal.
10) Hindari "do-it-yourself desain web." Ya,
ada program yang memungkinkan Anda membangun website Anda sendiri, dan
off-the-shelf template situs Anda dapat membeli untuk hampir tidak ada. Jika
Anda tidak memiliki pengalaman dalam desain grafis atau website
profesional memproduksi, menyewa sebuah perusahaan pengembangan web
dengan kemampuan terbukti untuk membantu Anda.